Chelsea dan Trading Saham

Dini hari tadi saya menonton pertandingan terakhir EPL antara Chelsea melawan Wigan Athletic. Hasilnya, 8-0 buat Chelsea. Saya cukup tenang menonton karena anak-anak sudah tidur. Ketenangan itu juga karena, sebagai fans The Blues, saya punya keyakinan mereka akan menang. Maka, saat menit ke-6 Anelka membobol gawang Wigan, jantung saya tidak terlalu berdebar.

Saya suka Chelsea sejak ditukangi Claudio Ranieri. Dan, sejak saat dipegang Jose Mourinho, saya tambah suka karena The Special One inilah yang akhirnya mengantarkan Chelsea menjadi juara EPL dan FA sekaligus. Sekarang ditangan dingin Carlo Ancelotti, Chelsea mudah-mudahan bisa stabil.

Hari ini, 10/5/2010, IHSG mulai menghijau lagi. Akankah ia akan naik ? Masih terlalu dini untuk menilai. Meski demikian, ini patut disyukuri. Dan kalau memang benar demikian sampai akhir pekan ini, maka kita bisa berharap kemarin adalah koreksi yang sehat sebelum IHSG menembus angka 3000, atau lebih.

Investasi di pasar saham ibarat sebuah kompetisi. Bisa tahunan untuk menang. Maka, meskipun naik-turun,  asalkan disiplin, kita akan mampu melewati bursa saham dengan selamat. Soal keuntungan, sangatlah variatif. Kalau saya, asalkan melebihi bunga deposito dan SUN, cukuplah.

Namun, karena volatilitas atau naik turunnya yang kencang, maka memperhitungkan penggunaan dana atau ‘money management’ adalah ilmu yang harus menyertai ketrampilan analisisi teknikal maupun fundamental.

Maka sama seperti Chelsea yang mengakhiri akhir musim dengan menang, saya pun ingin demikian.

Tinggalkan Balasan

