Psikologi Trader

Menurut pengalaman saya, trader mengalami masalah-masalah berikut ini.

Kepala Pening, sensitif, uring-uringan, dan bahu terasa pegal.

Karena melotot pada monitor, bingung karena harga seperti roller coaster, atau posisi yang ‘nyangkut’, atau baru cut loss alias jual rugi, seperti yang saya lakukan kemarin.

Maka, yang saya lakukan adalah coolingdown. Keluar pasar dan pelan-pelan melihat situasi dengan jernih.

Warren Bufet pernah bilang, situasi sekarang berarti : Mister Market sedang datang. Maka sambutlah…. Inilah saat untuk masuk market lagi dengan perlahan tapi pasti.

Maka, pekan-pekan ini saya mulai melirik kembali saham yang fundamentalnya baik, tetapi sudah meluncur terlalu dalam. Misalnya ADRO dan KLBF.

Sementara saham-saham lainnya harus saya tunggu dengan lebih disiplin dan sabar. Karena, tanpa disiplin dan sabar, saya ikut terjerembab seperti pekan ini.

Tinggalkan Balasan

